[eBook] Petunjuk Teknis – Manajemen Perkawinan Sapi Potong

Sapi PotongSatu lagi recommended ebook yang dapat diunduh untuk kemudian dibaca. Hampir semua hal tentang perkawinan sapi disajikan di buku ini. Metode apa yang digunakan, apa kelebihan dan kekurangannya. Kapan saat mengawinkan sapi, dan lain sebagainya. Singkat kata, nyesel deh kalo yang sudah melihat ebook ini tidak membacanya karena buku ini benar-benar bagus & recommended menurut saya.

Sedikit review saya dari ebook ini. Dalam perkawinan alami, begitu lengkap dibahas baik itu perkawinan di kandang, di paddock, di kandang kelompok, dan di padang penggembalaan. Selanjutnya dibahas tentang kawin suntik (IB) baik menggunakan semen cair maupun semen baku. Dijelaskan juga tentang Service per Conception (S/C) dan lainnya. So, ayo dibaca…

Untuk mengunduh Baca pos ini lebih lanjut

[eBook] Petunjuk Teknis – Penanganan Gangguan Reproduksi Pada Sapi Potong

Reproduksi SapiPermasalahan seputar reproduksi yang sering terjadi di dunia peternakan khususnya sapi yang cukup mengganggu lancarnya usaha dibahas di buku ini. Ebook ini juga sangat recommended. Seputar gangguan reproduksi, baik itu gejala, penyebab, dan penanganannya dibahas di buku ini. Penyebab gangguan reproduksi tidak hanya satu, tetapi banyak. Penyebabnya bisa Genetic factor, virus, bakteri, protozoa, jamur, dan sebagainya.

Yang berminat mengunduh, Baca pos ini lebih lanjut

[eBook] Petunjuk Teknis – Budidaya Sapi Potong

Ebook yang satu ini mungkin dapat dijadikan pelengkap bagi ebook sejenis yang sudah ada. Lumayanlah untuk tambah-tambah koleksi. Sekedar informasi, ebook ini benar-benar ringkas. Pembahasannya juga secara umum. Jadi kurang cocok digunakan sebagai acuan tunggal bagi peternak. Oleh karena itu menurut saya lebih cocok dijadikan referensi tambahan atau ebook pelengkap. Bagi yang mengerjakan tugas sekolah maupun tugas kuliah, lumayanlah untuk tambahan referensi dan menambah daftar pustaka. Hehe…

Untuk mengunduh Baca pos ini lebih lanjut

[eBook] Petunjuk Praktis – Perkandangan Sapi

Dalam usaha/industry peternakan dimana di dalamnya menyangkut pemeliharaan ternak, maka tidak mungkin lepas dari perkandangan. Banyak sekali manfaat yang diperoleh apabila memiliki perkandangan yang baik. Eit tunggu dulu, perkandangan yang baik itu tidak harus selalu mahal lho dan kandang yang mahal juga belum tentu bagus kalau tidak memperhatikan kaidah-kaidah pembuatan kandang. Emang ada ya kaidah-kaidah pembuatan kandang? Tentu ada donk. Mau dikasih satu contoh?

Baiklah, menentukan arah kandang. Ini termasuk dalam kaidah pembuatan kandang. Hayo, arah mana yang tepat? Kanan? Kiri? Utara? Selatan? Barat? Timur? Nah, mau tahu jawabannya, tunggu aja ebook-ebook selanjutnya yang membahas tentang perkandangan secara lengkap. Kalau ebook yang satu ini hanya membahas secara umum, tetapi sudah oke punya juga koq.

Baiklah, untuk mengunduh Baca pos ini lebih lanjut

[eBook] Petunjuk Praktis – Pengukuran Ternak Sapi Potong

Gak percaya pada penjual baik itu daging, sayuran, ayam, dan lainnya karena timbangan yang digunakan dimanipulasi? Bawa aja timbangan sendiri dari rumah. Kalau Cuma beban 5 – 10 kg mungkin masih ringkas. Lah kalau untuk timbangan sapi yang notabene sapi itu beratnya ratusan kilogram, apa masih mau membawa timbangan? Ya silahkan saja kalau memang mau, gak ada salahnya. Tapi sebagian orang mungkin menganggap hal tersebut kurang praktis. Lalu bagaimana caranya? Apa ada metode tertentu? Tentu saja ada, baca deh ebook yang satu ini, dijamin kemana-mana mau beli sapi gak akan bawa lagi yang namanya timbangan yang berat-berat itu. Lalu bagaimana akurasinya? Tentu saja sudah ada jawaban yang pas untuk itu, males ah mau menjawab, mending baca sendiri aja… ahihihihi…

Awalnya (berkisah nih), para blantik (sebutan untuk “pembeli ternak untuk kemudian dijual lagi” untuk tujuan tertentu) begitu mudah menakar atau mengira-ngira bobot badan sapi. Koq bisa ya? Baca pos ini lebih lanjut