[eBook] Modul SMK – Melaksanakan Pemerahan Susu

Modul SMK Melaksanakan Pemerahan SusuSeingat saya, dulu pernah memposting tentang penanganan susu. Nah di posting kali ini saya kembali share ebook dengan judul di atas. Pada modul SMK lebih banyak menyajikan tentang latihan. Materi yang disajikan menurut saya tidaklah terlalu banyak walau ketebalan halamannya mencapai 67 halaman. Tetapi cukup lumayan untuk sekadar dibuka dan siapa tahu referensi yang dicari ada di dalamnya.

Saya mencoba mengingat suatu iklan susu yang pernah ada di televisi yang mengatakan bahwa dengan teknik pemerahan tertentu akan menghasilkan rendah lemak atau rendah apa gitu. Saya lupa tetapi saya sangat yakin bahwa iklan tersebut antara tahun 2011 – 2012. Merek susunya juga saya lupa. Bagi yang tahu silahkan memberi tahu. Yang jelas susu tersebut rendah suatu kandungan tertentu. Nah yang ingin saya sampaikan, apa benar sih dengan teknik pemerahan tertentu bisa ditentukan tingginya kandungan suatu zat tertentu. Saya juga penasaran, tetapi yang jelas-jelas sangat mempengaruhi itu yan pakan dan jenis ternak perahnya. Kuantitas dan kualitas pakan jelas sangat-sangat mempengaruhi. Kemudian walaupun ternaknya sama tetapi bangsanya berbeda, tentu juga berbeda kandungan susunya. Di sini peranan gen sangat berpengaruh.

Mengingat rumus ilmu pemuliaan ternak yaitu

P = G + E, di mana Baca pos ini lebih lanjut

[eBook] Petunjuk Teknis – Beternak Ayam Ras Petelur

Setelah share ebook tentang ayam ras pedaging (broiler), kali ini saya akan berbagi ebook tentang ayam petelur. Ebook ini cukup ringkas tapi oke karena pembahasannya secara umum tentang ayam petelur sudah lumayan lengkap. Dengan 9 bab yang tersaji di dalamnya termasuk bab analisa usaha membuat kita tertarik untuk mencoba beternak ayam petelur walau hanya skala kecil. Oh iya, di sini saya mau bahas sedikit tentang skala usaha ayam petelur. Saya pernah bertanya kepada peternak ayam petelur tentang pengklasifikasian skala usaha ayam petelur ini. Jawaban yang saya dapat yaitu sebagai berikut: Baca pos ini lebih lanjut

Apa Sih Hari Jum’at Itu?

Kebetulan abis baca ebook tentang Risalah Hari Jum’at, jadi mengingat kembali apa yang telah terlupakan dan mendapat apa yg belum dimiliki. Ya baiklah secara ringkas ebook ini berisi tentang hukum, adab, fadhilah dan kesalahan pada hari Jum’at. Yang berminat bisa mendownload dari sini ya? Gak besar koq Cuma sekitar 350 kb.

Kalo kaum Yahudi punya hari Sabtu dan Nashrani punya hari Minggu maka kita kaum muslim punya hari yang lebih istimewa yaitu hari Jum’at. Hari ini sangat spesial karena jika dibandingkan dengan hari lain ibarat Bulan Ramadhan dengan bulan biasa lainnya. Jika sudah berada di bulan Ramadhan, maka hari Jum’at seperti Malam Lailatul Qadar. Selain itu hari Jum’at juga punya keistimewaan lain yaitu hari dimana akan datangnya hari kiamat yaitu pada hari Jum’at. Tapi bukan hanya itu aja lho hari Jum’at juga hari dimana Nabi Adam dimasukkan ke surga untuk yg pertama kalinya kemudian dikeluarkan pada hari Jum’at juga dan diturunkan ke bumi pada hari Jum’at juga. Apa Cuma itu aja? Tenang… masih banyak lagi yg menarik tentang hari Jum’at. Baca pos ini lebih lanjut

Berita (Gosip) Di Bulan Ramadhan???

Bismillah…

(Kullun Amrin Dzi Balin Laa Yubda’u Bibismillahi Fahuwa Aqto’u)

Hari ini menjelang berbuka ingin sedikit membahas tentang gosip2 gitu deh tapi pers juga masuk. Teman, apa kegiatan2 berburuk sangka dibenarkan terutama di bulan ramadhan? Pasti semua menjawab tidak. Eit, jangan sampe menjawab iya lho itu namanya kita mendukung kegiatan yang tidak baik.

Trus teman, begitu banyak tantangan di bulan ramadhan apa lagi saat menonton tv entah itu film2 yang kurang mendidik, info2 yang tidak baik sampai berita2 juga mulai penuh dengan buruk sangka (suudzhon). Apa saya yang bersuudzhon ya? AstaghfirullahBaca pos ini lebih lanjut