[Leaflet] Obat Alternatif Scabies Pada Ternak Kambing

Teman, saya ada sedikit cerita yang menurut saya sendiri cukup bermanfaat tentang bagaimana cara mengobati scabies, yang jelas ini suatu cara yang sangat ekstrem dan mungkin tidak sepantasnya dilakukan kecuali dalam keadaan yang sangat-sangat mendesak.

Saya melaksanakan praktikum di sebuah peternakan kambing dan magang di pembibitan kambing milik pemerintah. Penyakit scabies memang sudah menjadi suatu yang sangat umum ditemukan dalam usaha ternak kambing. Oleh karena itu pengobatannya juga harus diketahui.

Langsung saja, harga obat untuk scabiesnya ini cukup dan sangat mahal mencapai ratus ribuan per botolnya dan beberapa ada yang cepat dalam mengobati, beberapa lagi ada yang bahkan tidak mampu mengobati. Cara yang umum dilakukan masyarakat yaitu menggunakan pestisida. Tahu kan? Itu lho zat pembunuh serangga, wereng, yang dipakai oleh petani.

Cara yang pertama yaitu dengan secara langsung mengoles pestisida menggunakan kain atau kapas. Langsung dioleskan pada daerah yang terkena scabies (umumnya sekitar mulut). Cara ini cukup ampuh menurut pemilik peternakan yang saya kunjungi. Akan tetapi resiko kematian bagi cempe yang akan lahir sangat besar (bila penderita adalah kambing bunting). Selain itu cara ini juga terkesan kejam dan sangat berbahaya. Bahkan bisa membunuh si ternak itu sendiri jika tidak berhati-hati. Pengaruhnya sangat nyata yaitu langsung kering scabiesnya bahkan hanya dalam waktu 12 jam saja. Begitulah kata si pemilik.

Cara yang kedua, masih sama yaitu menggunakan pestisida, akan tetapi caranya berbeda. Pestisida dicampur dahulu dengan air dengan takaran seperti penyemprotan hama. Kemudian dimandikan ke ternak penderita scabies (shower). Cara ini menurut saya lebih halus dari pada cara pertama. Lebih lanjut petugas di pembibitan mengatakan bahwa cara ini juga cukup ampuh dengan resiko kematian yang lebih rendah akan tetapi tetap saja dilarang oleh dokter hewan.

Nah bagaimana teman-teman? Ada yang punya cerita lain yangg mungkin terkait dengan scabies atau penyakit lain. Silahkan share saja di sini…

Yang terakhir, selamat mengunduh semoga bermanfaat…

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: