Perbedaan Plasma Nutfah & Sumber Daya Genetik Ternak (SDGT)

Teman, dari judul di atas, kira-kira ada yang tahu jawabannya gak ya? Kalo yang sudah tahu, silahkan diberi tahu yang lain, kalau yang belum, nih dia jawaban dari saya.

Masih ingat gak ebook yang saya upload berjudul “Petunjuk Teknis – POTENSI PLASMA NUTFAH KAMBING LOKAL INDONESIA”. Nah pada postingan tersebut saya mengomentari sedikit tentang kambing yang digolongkan ke dalam plasma nutfah, pada hal ada yang seharusnya masuk ke Sumber Daya Genetik Ternak (SDGT). Di postingan selanjutnya akan saya upload Kepmentan tentang “Kambing Kaligesing” yang di dalamnya tertulis dengan jelas SDGT bukan plasma nutfah.

Saya tahu dari dosen saya tentang perbedaan tersebut dan tertulis jelas di bukunya yang kalau diizinkan untuk dishare, akan saya share di blog ini.

Sapi Bali termasuk plasma nutfah, kambing kacang termasuk plasma nutfah, sapi Aceh termasuk plasma nutfah, burung Cendrawasih juga termasuk plasma nutfah, dan masih banyak lagi lho.

Sapi PO termasuk SDGT, kambing Kaligesing termasuk SDGT, kambing Boerka termasuk SDGT, sapi PFH termasuk SDGT, dan juga masih banyak lagi.

Dari contoh tersebut dapat kita tarik kesimpulan perbedaan plasma nutfah dan SDGT. Dimana plasma nutfah merupakan kekayaan yang dimiliki oleh suatu daerah dan memang berasal dari daerah tersebut serta merupakan galur murni. Nah kalau SDGT juga merupakan kekayaan yang dimiliki oleh suatu daerah akan tetapi bukan berasal dari daerah tersebut dan umumnya bukan galur murni walaupun masih galur murni tetap termasuk SDGT karena bukan asli dari daerah setempat.

Kalau kita flash back dimana kambing Kaligesing berasal dari India dan telah menyesuaikan dengan kondisi iklim Indonesia sehingga terbentuk rumpun baru yang masih galur murni dari Etawa. Kalau sapi Bali jelas merupakan plasma nutfah karena memang berasal dari Indonesia yaitu dari banteng liar di hutan Indonesia.

Nah begitulah perbedaannya. Ada yang mau berpendapat lain?

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: