[eBook] Modul SMK – Mengawetkan Hijauan Pakan Ternak

Mengawetkan Hijauan Pakan TerakDi modul ini disampaikan tentang pengawetan hijauan pakan ternak. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa di musim-musim kemarau tentu akan sulit untuk mendapatkan pakan hijauan dalam jumlah banyak. Sebaliknya di musim hujan hijauan pakan akan melimpah jumlahnya. Walau begitu belum tentu kualitas hijauan di musim penghujan akan lebih baik dari pada hijauan di musim kemarau. Hijauan di musim hujan akan lebih banyak kandungan airnya, dengan demikian bahan keringnya akan menurun. Yang saya ingat seperti itu. Hehe. Di musim kemarau kandungan air pada hijauan akan lebih sedikit sehingga kualitasnya lebih baik. Sebenarnya sih yang membedakan yaitu pada jumlah pemberiannya. Pada musim kemarau jumlah bahan kering yang dibutukan ternak ya tetap sama dengan musim hujan. Akan tetapi karena hijauan pada musim hujan kandungan airnya lebih banyak, maka penambahan hijauannya harus lebih banyak agar kebutuhan bahan kering tercukupi.

Di musim penghujan hijauan akan melimpah dan sebaliknya di musim kemarau. Bisa juga karena ingin sekali panen yang banyak namun tetap bisa awet dan tidak membusuk/menjamur. Strategi yang dilakukan yaitu dengan pengawetan hijauan. Pengawetan hijauan juga dapat meningkatkan kualitas hijauan itu sendiri apa lagi jika dilakukan penambahan bahan-bahan tertentu agar suatu proses tertentu (fermentasi) dapat lebih baik. Tetapi sebagian buku terkadang lupa mencantumkan bahwa pakan awetan yang diberikan sebaiknya harus langsung habis dalam sekali pemberian. Jadi walau pembuatannya dalam skala besar, tetapi dipisah-pisahkan dengan ruang tersendiri dan berbagai teknik lainnya yang intinya habis dalam sekali (1 hari) pemberian apabila sudah dibuka wadah tempat proses fermentasi. Semoga modul ini mencantumkan hal tersebut.

Daftar isi dapat dilihat di bawah. Untuk mengunduh langsung saja klik cover dan berkomentar ya. Terima kasih.

Semoga bermanfaat minimal bagi diri sendiri….

Daftar isi

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

One Response to [eBook] Modul SMK – Mengawetkan Hijauan Pakan Ternak

  1. Marcelle Sara mengatakan:

    Hi, checkout this $3997 underground webinar video http://gsniperx.net How to secretly exploit google and improve your website income

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: