[eBook] Petunjuk Teknis – Sistem Perbibitan Sapi Potong

Bibit Sapi PotongDalam dunia perbibitan ternak, banyak hal yang masih belum transparan di Indonesia. Maksud transparan disini, sistem perbibitan masih belum banyak diketahui masyarakat. Mau contoh? Ini saya beri satu contoh tetapi pada bidang perunggasan. Sistem perbibitan itu dibagi ke dalam beberapa tahap/kategori. Yang pertama yaitu Foundation Stock / Grand Parent Stock (GPS) (Kelompok Dasar), yang kedua Parent Stock (PS), yang ketiga yaitu Commercial Stock (CS). Pada bidang perunggasan, Indonesia tidak memiliki yang namanya GPS, Indonesia memiliki PS itu pun belum banyak. Yang paling banyak yaitu CS. Alasannya, jika kita memiliki ternak yang unggul tentu kita tidak mau menjualnya. Kita akan memeliharanya sampai berproduksi, kemudian anak atau hasil persilangannya yang akan dijual. Sedangkan GPS yang merupakan bibit unggul tentu akan dilestarikan, tidak peduli berapa harga yang ditawarkan oleh pembeli, pasti kalau kita bijak tidak akan dijual.

Tetapi sayangnya kambing Kaligesing atau yang dulunya bernama kambing Peranakan Etawa (PE) ras Kaligesing justru bibit unggulnya sudah banyak yang keluar dari Indonesia dan masuk ke Negara tetangga yaitu Malingsia. Eh salah, Malaysia. Ini terjadi karena peran oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab pada hal telah jelas larangan dari Pemerintah.

Baiklah, mungkin sebagian ada yang penasaran bagaimana sih sistem perbibitan yang benar itu? Baca saja ebook ini, mesti akan terbuka wawasan kita. Untuk mengunduh klik pada cover dan berkomentar. Terima kasih.

Semoga bermanfaat minimal bagi diri sendiri…

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

2 Responses to [eBook] Petunjuk Teknis – Sistem Perbibitan Sapi Potong

  1. Yandi Yahya mengatakan:

    cukup bagus..

  2. Yandi Yahya mengatakan:

    cukup bagus

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: