[eBook] Petunjuk Teknis – Budidaya Sapi Potong

Ebook yang satu ini mungkin dapat dijadikan pelengkap bagi ebook sejenis yang sudah ada. Lumayanlah untuk tambah-tambah koleksi. Sekedar informasi, ebook ini benar-benar ringkas. Pembahasannya juga secara umum. Jadi kurang cocok digunakan sebagai acuan tunggal bagi peternak. Oleh karena itu menurut saya lebih cocok dijadikan referensi tambahan atau ebook pelengkap. Bagi yang mengerjakan tugas sekolah maupun tugas kuliah, lumayanlah untuk tambahan referensi dan menambah daftar pustaka. Hehe…

Untuk mengunduh langsung klik pada cover dan berkomentar ya. Terima kasih…

Semoga bermanfaat minimal bagi diri sendiri…

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

2 Responses to [eBook] Petunjuk Teknis – Budidaya Sapi Potong

  1. Saca Diria ( Herdis, S.Pd ) mengatakan:

    Assalamualaikum…, Terima kasih…, mudah2an ebok yg saya download dapat bermanfaat bagi pribadi saya dan Kelompok….., dan mudah2an Bapak /Ibu dapat memfasilitasi Kami untuk mendapatkan Bantuan Sapi Ternak dari Pemerintah…., selama ini kami belum tersentuh dengan bantuan ternak dari Pemerintah, kami peternak sapi dengan modal sendiri-sendiri dan sebagian besar hanya Buruh ternak dari seseorang yang mempunyai Modal…., keberadaan kami di kampung Nangela Desa Pasirpanjang, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Wslm.

    • Dede Ardiansyah Putra mengatakan:

      Wa’alaikum salam…

      Senang bisa membantu Bapak/Ibu. Dari hasil pengamatan saya di beberapa tempat yaitu Jateng dan Sumut, banyak yang mengalami hal seperti Bapak/Ibu di Nangela. Walau begitu, tetap ada dua jalan keluar yang dapat saya sampaikan. Untuk saya sendiri, masih belum mampu untuk berbuat banyak karena saya masih seorang pelajar dan bukan berasal dari daerah tersebut. Berikut masukan dari saya.

      Yang pertama, yaitu dengan menggandeng mahasiswa peternakan dari daaerah provinsi Jawa Barat untuk mengajukan program SMD (Sarjana Membangun Desa) di desa Bapak. Adapun mahasiswa yang dapat diajak bisa berasal dari Universitas Padjajaran (Unpad) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

      Yang kedua yaitu dengan mengikuti program hibah bersaing dari pemerintah. Untuk program yang ini benar-benar usaha dari masyarakat setempat yang melibatkan kelompok ternak. Banyak yang sudah berhasil dengan program ini dan banyak pula yang hanya habis sia-sia seperti yang terjadi di Desa Siwal, Kabupaten Semarang (Opini saya pribadi). Untuk panduan pengajuannya dapat diunduh disini

      Semoga berhasil Bapak/Ibu…

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: