[eBook] Petunjuk Praktis – Pengukuran Ternak Sapi Potong

Gak percaya pada penjual baik itu daging, sayuran, ayam, dan lainnya karena timbangan yang digunakan dimanipulasi? Bawa aja timbangan sendiri dari rumah. Kalau Cuma beban 5 – 10 kg mungkin masih ringkas. Lah kalau untuk timbangan sapi yang notabene sapi itu beratnya ratusan kilogram, apa masih mau membawa timbangan? Ya silahkan saja kalau memang mau, gak ada salahnya. Tapi sebagian orang mungkin menganggap hal tersebut kurang praktis. Lalu bagaimana caranya? Apa ada metode tertentu? Tentu saja ada, baca deh ebook yang satu ini, dijamin kemana-mana mau beli sapi gak akan bawa lagi yang namanya timbangan yang berat-berat itu. Lalu bagaimana akurasinya? Tentu saja sudah ada jawaban yang pas untuk itu, males ah mau menjawab, mending baca sendiri aja… ahihihihi…

Awalnya (berkisah nih), para blantik (sebutan untuk “pembeli ternak untuk kemudian dijual lagi” untuk tujuan tertentu) begitu mudah menakar atau mengira-ngira bobot badan sapi. Koq bisa ya? Kalau orang awam berkata itu pakai ilmu “titen”. Duh mungkin kalau bukan orang Jawa agak kurang mengerti ilmu “titen” itu. Tak bahas sedikit aja deh. Ilmu “titen” itu ya ilmu karena mengingat kebiasaan. Contohnya, kalo mendung biasanya pertanda hujan, kalau ada kilat pertanda mau ada petir, dan sebagainya. Nah mungkin di daerah lain namanya lain lagi. Kembali ke pokok pembicaraan. Bisa dikatakan penaksiran bobot ternak ya pakai ilmu titen itu, tetapi kurang tepat juga karena sebenarnya ada metode yang ditetapkan oleh sebagian ahli ternak dengan menggunakan rumus yang mana rumus tersebut dari hasil pengujian dan pengaplikasian dalam jangka waktu yang lama dan jumlah populasi yang banyak. Sehingga hasilnya bisa dikatakan tidak jauh dari bobot yang sebenarnya. Ada batas margin error-nya. Ya begitulah, silahkan dibaca aja biar bisa lebih mengerti.

Untuk mengunduh langsung klik pada cover dan berkomentar. Terima kasih.

Semoga bermanfaat minimal bagi diri sendiri…

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: