[eBook] Modul SMK – Penanganan Daging

Untuk mendapatkan daging yang berkualitas baik, bukan hanya dilakukan pada saat pemeliharaan ternak termasuk di dalamnya manajemen pakan. Akan tetapi masih ada tahap lain yang harus dilewati untuk memenuhi syarat daging yang berkualitas. Pertanyaannya bagaimana caranya agar didapat kualitas daging yang baik tersebut jika manajemen pakan saja masih belum cukup?

Setelah pemeliharaan, kegiatan yang tidak kalah pentingnya dalam menghasilkan daging yang berkualitas yaitu dimulai dari tata cara pemindahan ternak, pemeriksaan ternak (ante mortem & post mortem), cara pemotongan ternak, penanganan daging setelah dipotong, dan seterusnya. Begitu banyak tahapan yang harus dilewati. Apakah ini menjadi hambatan bagi pelaku usaha penjual daging? Tentu saja tidak jika telah menjadi kegiatan rutin dan kesadaran yang tinggi akan kualitas daging yang dihasilkan. Namun jika semua ini dianggap menjadi beban, maka kualitas daging kita tetap akan seperti itu. Selama ini di Indonesia, masih banyak penanganan daging baik sebelum ternak dipotong maupun setelah ternak dipotong masih dianggap kurang memuaskan. Tidak heran jika kualitas daging yang dihasilkan oleh RPH (Rumah Potong Hewan) milik swasta jauh lebih baik dari pada milik rakyat maupun instansi pemerintah.

Australia melalui organisasi pecinta ternaknya berulang kali melayangkan protes kepada pemerintah Indonesia karena penanganan ternak yang diimpor dari Australia dianggap kurang bermoral. Benarkah seperti itu? Menurut saya pribadi jawabannya “iya”. Penulis pernah melihat proses pemotongan ternak di RPH milik pemerintah dan hasil pengamatan penulis, masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Toh itu untuk kebaikan kita sendiri yaitu masyarakat Indonesia.

Buku ini baik untuk dibaca siapa saja bahkan bukan hanya siswa SMK Peternakan walaupun modul ini adalah sebenarnya milik mereka. Dengan membaca buku ini, barang kali kita bisa turut meluruskan hal yang kurang baik saat pemotongan ternak terutama saat Idul Adha.

Well, bagi yang berminat mengunduh, langsung saja klik pada cover dan berkomentar ya. Terima kasih.

Semoga bermanfaat, minimal bagi diri sendiri…

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: