[eBook] Pedoman Teknis – Alat Mesin dan ULIB Budidaya Ternak Ruminansia

Mau tahu tentang Inseminasi Buatan (IB)? Bagaimana sejarahnya? Apa saja peralatannya dan Bagaimana prosesnya? Dan dan dan… masih banyak lagi.

Temukan semua jawaban tersebut di ebook yang satu ini. Ini salah satu ebook gratis yang recommended bagi kita yang berminat seperti mahasiswa dan akademisi serta semua yang tertarik dengan dunia bidang ini. Dengan membaca buku yang satu ini seolah-olah kita telah dibuat paham tentang bagaimana itu IB walau pada akhirnya kita hanya bisa melihat dan untuk mempraktekkan masih perlu pelatihan dengan biaya yang cukup mahal. Namun setidaknya dengan ebook ini kita akan lebih cermat dan terbuka wawasan tentang IB.

Sebagai info, tidak semua ternak harus di-IB, dan IB memang sebaiknya harus dilakukan pada ternak saja, not human (walau telah ada terjadi pada manusia). Well, saya sedikit menginfokan saja. Bagi yang sudah tahu silahkan melengkapi. IB atau istilahnya lainnya AI (Artificial Insemination) sebaiknya tidak dilakukan pada ternak dara yang baru pertama kali birahi. Maaf bagi yang baru di dunia peternakan, bahasa seperti “birahi, ereksi, dsb” sudah menjadi santapan kami sehari-hari, jadi tidak berbau porno ya. Kembali ke tema, mengapa pada dara sebaiknya jangan dulu di-IB. Banyak alasan logis dan ilimiah tentang ini, tapi yang sederhana saja yaitu, semen (sperma) yang digunakan untuk IB biasanya dan hampir selalu berkulitas baik sehingga pedet yang dilahirkan juga akan berukuran besar. Nah oleh karena sapi dara baru pertama kali mau bunting, jadi dikhawatirkan akan terjadi Distokia (kesulitan melahirkan) akibat ukuran pedet yang terlalu besar padahal dara sendiri masih dalam pertumbuhan dan baru pertama kali beranak. Masih banyak alasan lainnya, tapi saya sampaikan yang satu ini saja….

Baiklah untuk mengunduh langsung klik cover dan jangan lupa “like“, terima kasih.

Semoga bermanfaat minimal bagi diri sendiri…

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: