Memilih Camera Digital (CamDig)

Beberapa bulan yg lalu saya ada kesulitan dalam menentukan pilihan untuk membeli Camdig. Selain harga tentu spesifikasi menjadi sangat penting. Tapi bagi orang awam seperti saya spesifikasi justru menjadi kendala. Kemungkinan bertanya hanya pada saat membeli di toko. Tetapi kebanyakan toko juga tidaklah tahu menahu karena biasanya penjaganya bilang yg ini bagus yg itu bagus berdasarkan merknya. Akhirnya setelah capek browsing dan tidak mendapatkan hasil apa-apa, proses penggolongan camdig mulai saya lakukan dalam membeli kamera digital. Ini dia hal terpenting yg harus diperhatikan menurut opini saya pribadi berdasarkan banyak sumber…

Teman saat membeli camdig janganlah terpaku pada merk tertentu tetapi ada pertimbangan lain karena merk tertentu mungkin bagus kualitasnya tapi dengan harga yg tergantung budget kita spesifikasi yg diharapkan tidak sesuai keinginan kita. Jadi langkah-langkahnya menurut saya yaitu :

  1. Tentukan sesuai kebutuhan. Apa itu buat fotografi high class atau Cuma buat have fun dan kebutuhan dokumentasi kuliah atau berlibur dsb.
  2. Tentukan rentang harga sesuai budget. Misal kita tentukan harga dari 1 – 1,5 juta tergantung dari kantong masing-masing.
  3. List lah semua merk dari yg produk terkenal sampai produk tidak terkenal dengan rentang harga yg kita tentukan tadi.
  4. Setelah melist merk dan tipenya, carilah spesifikasi dari semua produk tersebut. Spesifikasi yg cukup berpengaruh yaitu resolusi pixel semakin besar semakin bagus, jenis baterai yg digunakan apa sudah li-ion atau masih baterai kecil 2 biji itu lho (AA), kemampuan zoom baik itu digital zoom dan optical zoom, kemampuan rekam gambar bergerak (movie) utamakan cari yg sudah mendukung HD 720p dimana resolusi tersebut cukup baik dan besar, suku cadang mudah atau tidak, garansi yg diberikan, jejak rekam merk (saya mencontohkan merk-merk terkenal seperti Casio, Sony, Samsung, Kodak, Yashica, Canon, Ricoh, Nikon, apa lagi ya? Ah yg pasti kesemua merk itu memiliki kemampuan yg merata hanya saja beberapa merk punya promosi tersendiri spt lensa carl zeiss, cyber shot, premium auto, dsb).
  5. Dengan spesifikasi yg berimbang tersebut manakah yg memiliki harga paling murah dan paket yg menggiurkan spt adanya tas, memory, gantungan, dan aksesoris pelengkap lainnya.
  6. Jangan lupa dicoba saat membeli

    Bagaimana teman, apa ada yg mau menambahkan atau share? Akhirnya saat itu pilihan saya jatuh ke merk Casio Exilim Z800 dimana harganya yg murah, kualitas bagus, dan dengan spesifikasi tersebut beberapa merk harganya lebih mahal hampir sekitar 500ribuan lho… Tapi saya tidak promo merk tersebut hanya sekedar share aja…

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: