Cari Duit (Bisnis) Online???

Teman, pernahkah mendengar tentang “cari duit atau bahasa kerennya bisnis online?”

Mungkin sebagian dari kita sudah bersahabat dengan kalimat tersebut namun ada juga yang masih awam dengan kalimat tersebut. Pasti setiap kita tertarik dengan yang namanya bisnis baik itu online maupun yang secara real. Saya juga sangat tertarik dengan hal tersebut.

Terkadang saat sedang ngobrol dengan teman di sekitar banyak yang mengaku pernah melakukan kegiatan bisnis online atau hanya cerita dari teman kita yang menceritakan bahwa temannya telah melaksanakan bisnis tersebut. Kadang beberapa dari cerita mereka mengandung unsur yang melebih-lebihkan menurut saya sebab biasanya mereka bercerita begini “temanku punya bisnis online yang punya banyak penghasilan hanya dengan duduk manis di depan monitor dengan koneksi internet”. Hal itulah yang menjadi pengalaman saya dari hasil ngobrol-ngobrol entah itu betul atau nggak.

Tapi bisnis tersebut memang benar adanya. Hasil yang diperoleh dari iklan-iklan yang terpampang di website atau blog yang dibuat. Teman, jujur saya kalau mendengar tentang bisnis online yang menghasilkan dengan hanya duduk diam manis di depan monitor dan menghasilkan uang bisa dikatakan hampir-hampir sudah tidak percaya karena sangatlah sulit sebenarnya untuk melakukan hal itu.

Berbicara tentang hasil yang didapat saya sangat percaya, tetapi yang kurang saya percayai adalah omzet yang sangat banyak yang bisa mencapai juta dan bahkan puluhan hingga ratuan juta dengan duduk santai. Kalau kita ketikkan di paman Google “bisnis online”, akan sangat banyak hasil yang mungkin akan membuat kita terkagum-kagum. Benarkah itu? Tentu saja benar tetapi tidak semuanya benar.

Sebagai gambaran, banyak lho situs-situs terkemuka yang telah memasang iklan, logo Google terpampang di blog mereka, dan bahkan banyak juga yang mengharapkan donasi dari para pengunjungnya dengan imbal balik akan mendapatkan download-tan gratis. Mereka bisa dikatakan sudah maksimal dan pakar dalam hal mendesain website dan banyak content yang diberikan tetapi pada umumnya tetap kesulitan dalam mencari donasi. Sampai-sampai mereka harus pindah hosting yang lebih murah atau bahkan gratisan sebab sudah tidak mampu lagi membiayai hosting yang berbayar.

Website-website karya anak bangsa  menurut saya banyak yang telah berhasil seperti kaskus dan indowebster. Tapi tahukah teman berapa rumitnya untuk seperti itu jika hanya sebagai sambilan, tidak punya team, blog pribadi, dan seterusnya beranggapan dapat menghasilkan uang yang banyak hanya dengan utak-atik posting dan design halaman web. Hal inilah yang biasanya dipromosikan di blog-blog tertentu dan saya mengatakan itu cukup berlebihan. Pada akhirnya kita hanya dibawa muter-muter untuk ngeklik ini itu dan beli ebook tertentu serta berharap blog tersebut dijadikan parent kita dengan artian kita mendaftar di suatu program tertentu dan menuliskan bahwa dialah yang menjadi sumber kita. Hal seperti ini sudah sering saya cermati.

Akhirnya teman, bisnis online memang benar adanya tetapi cari sumber yang jelas seperti Google Ads atau yang lainnya yang penting jelas. Bisnis online yang terbaik menurut saya yaitu kita membuat suatu produk lalu kita promosikan sendiri di website kita. Produk yang dipromosikan bisa berupa kerajinan tangan, lukisan, produk pangan berupa susu segar, yoghurt, atau produk pakaian dengan desain kita sendiri serta berbagai macam hal lainnya.

Bagaimana menurut kamu pribadi? Tentu hal yang wajar jika ada perbedaan pendapat….

Perihal Dede Ardiansyah Putra
Alumni Sarjana Peternakan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Berkomentar Please?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: